judul KTI

Posted: July 20, 2012 in Uncategorized

STUDI KOMPARATIF PENGETAHUAN SISWI SMA KELAS XI SEBELUM

DAN SESUDAH PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN

TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA

DI SMA N 4 PURWOKERTO

TAHUN 2012

KARYA TULIS ILMIAH

Diajukan untuk memenuhi

Persyaratan Ujian Akhir Program Pendidikan Diploma III Kebidanan

Disusunoleh :

FRISTHIAN LIES DWIYANTI

NIM. P17424309056

 

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN PURWOKERTO

JURUSAN KEBIDANAN POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG

TAHUN 2012

 

CURRICULUM VITAE

Nama                          : Fristhian Lies Dwiyanti

Nim                             : P17424309056

Tempat/TanggalLahir : Purbalingga. 10 Desember 1990

Alamat                         : Ds. Ranjingan No. 28 Rt 02/9 Wangon, Banyumas

Institusi                        : Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang

Prodi DIII Kebidanan Purwokerto

Angkatan                     : III (2009/2010)

Biografi                        :

–          TK  Aisiyah Bustanul AthfalTahun Lulus 1997

–          SD Negeri 1 Sampang CilacapTahun Lulus 2003

–          SMP Negeri 1 Sampang CilacapTahun Lulus 2006

–          SMA Negeri BanyumasTahun Lulus 2009

–          Poltekkes Kemenkes Semarang Jurusan Kebidanan Prodi DIII Kebidanan PurwokertoTahun Lulus 2012

MOTTO

©     Jeniusadalah 1 % inspirasidan 99% keringat. Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras.

©     Keberuntungan adalah sesuatu yang terjadi ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan.

©     Orang –orang yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan. Entah mereka menyukainya atau tidak.(Aldus Huxley)

©     Sesuatu yang belum dikerjakan, seringkali tampak mustahil, kita baru yakin kalau kita telah berhasil melakukannya dengan baik. (Evelyn Underhill)

©     Bersikaplah kukuh seperti batu karang yang tidak putus-putusnya dipukul ombak. Ia tidak saja berdiri kukuh, bahkan menentramkan amarah ombak dan gelombang itu( Marcus Aurelius)

©     Tiadanya keyakinanlah yang membuat orang takut menghadapi tantangan dan saya percaya pada diri saya sendiri

(Muhammad Ali)

 

 

PERSEMBAHAN

Ku ukir nama dalam sebuah karya, ku ukir doa dalam sebuah ikhtiar. Tiada rangkaian kata yang sebanding dengan terselesaikannya karya sederhana ini kecuali ucap syukur atas kehadirat Alloh SWT yang selalu melimpahkan kasih sayangnya dalam segala hal, tiada yang lebih berharga selain penjagaannya diwaktu siang danmalam.

Mamah dan bapa, Untaian kata yang menjadi doa pada anak, yang selalu merepotkan, membuat kesal dan yang sering menyusahkan, namun dalam lubuk hati kecilku sungguh rasa sayangnya begitu besar.

Kakaku, Oktania Dian Lestari dan AndriSutrisno, terimakasih atas segala semangat, pengingat dan motivasi. Tiada yang lebih berharga kecuali perhatian yang lebih terhadap segala hal.

Sahabatku, teman dan saudara bagiku, Anaa makkati Shorayay, Helmiati, Diar Fitriana, Umi Sartika, Desi Ananda intan Cahyani, Tias Purwaningsih, Ayu Riski Khoirully, Veronicha Dyah, ,  yang selalu hadir disela – sela letih perih perjuangan ini. Kalian inspirasi yang selalu memberi semangat yang akan ada sampai nanti.

Dan……

Orang-orang yang pernah hadir kehidupanku. Entah bahagia dan duka. Dengan rasa terimakasih pada mereka  yang telah membantu dalam segala hal, yang mungkin tak bisa disebutkan satu persatu.

Biarkan, biarkanlah nama kalian terus mengabadi hingga aku paham bahwa kalian akan terus menjadi istimewa. Namun, aku pun paham bahwa suatu saat kita tidak bisa lagi untuk saling melempar senyuman. Yang kita punya hanyalah kenangan, maka dengan kerendahan hati izinkan aku mengenang kalian.

a sign of love for you

Fristhian_2012

  

  

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan  proposal karya tulis ilmiah yang berjudul “Studi Komparatif Pengetahuan Siswi SMA Kelas XI Sebelum dan Sesudah Pemberian Pendidikan Kesehatan Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja di SMA N 4 Purwokerto Tahun 2012”.

Dalam penyusunan proposal karya tulis ilmiah ini, penulis mendapatkan banyak bantuan dari berbagai pihak, baik moril maupun materiil, dengan tulus hati penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Sugianto, S.Pd, M.App, Sc, selaku direktur Poltekkes Kemenkes Semarang.
  2. Ibu Runjati, M.Mid selaku Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang.
  3. Ibu Suparmi, S.Pd, S.SiT, M.Kes, selaku Ketua Program Studi Diploma III Kebidanan Purwokerto.
  4. Bapak M. Choiroel Anwar, SKM, M.Kes, selaku pembimbing 1 yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing,  mengarahkan dan memberikan dorongan.
  5. Ibu Henny Soetikno., S.SiT, M.Kes, selaku pembimbing 2 yang telah membimbing dan memberi masukkan serta semangat..
  6. Staf pengajar dan karyawan program Srudi Diplomat Tiga Kebidanan Purwokerto
  7. Kepala Dinas Pendidikan  yang telah membantu terlaksanya proposal penelitian ini.
  8. Kepala sekolah SMA N 4 Purwokerto yang telah membantu berjalanya proposal penelitian.
  9. Seluruh keluarga besar SMA N 4 Purwokerto khususnya kelas XI yang telah membantu.
  10. Ayah, bunda, kakak seluruh keluarga tercinta yang tidak pernah lelah mendoakan, menyayang, membimbing, dan memberikan semangat serta memenuhi segala kebutuhan dalam menggapai segala yang diinginkan.
  11. Sahabat-sahabat terbaik yang selalu ada dalam setiap waktu, baik suka dan duka. Yang akan selalu hidup dalam setiap hembus nafas, semoga menjadi kenangan termanis yang pernah ada.
  12. Teman-teman seperjuangan “angkatan 2009 Kebidanan Purwokerto” semangat juang kebersamaan kita, yang akan kita buktikan pada dunia bahwa kita bisa, semoga menjadi ujung tombak kesuksesan kita.
  13. Seluruh pihak yang telah membantu yang tidak dapat saya ungkapkan satu persatu.

Penulis menyadari bahwa proposal karya tulis ilmiah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan untuk kemajuan selanjutnya.

Purwokerto, 1 Juli 2012

Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………………………….. i

HALAMAN PERSETUJUAN………………………………………………………………………. ii

HALAMAN PENGESAHAN……………………………………………………………………….. iii

CURRICULUM VITAE……………………………………………………………………………….. iv

MOTTO…………………………………………………………………………………………………….. v

PERSEMBAHAN………………………………………………………………………………………. vi

KATA PENGANTAR………………………………………………………………………………… viii

DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………………. x

DAFTAR TABEL………………………………………………………………………………………. xiii

DAFTAR LAMPIRAN……………………………………………………………………………….. xiv

INTISARI………………………………………………………………………………………………….. xv

BAB I           PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah………………………………………………………. 1
  2. Perumusan Masalah……………………………………………………………. 4
  3. Tujuan Penelitian…………………………………………………………………. 4
  4. Manfaat Penelitian……………………………………………………….. …….. 4
  5. Keaslian Penelitian………………………………………………………………. 6

BAB II          TINJAUAN PUSTAKA

  1. Tinjauan Teori…………………………………………………………………….. 8

a.Pengrtian Kesehatan Reproduksi Remaja……………………………… 8

b.Konsep Seksualitas……………………………………………………………… 9

  1. Remaja…………………………………………………………………………… 10

d.Organ dan Fungsi Reproduksi……………………………………………… 14

e.Kehamilan…………………………………………………………………………. 22

  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan reproduksi

Remaja…………………………………………………………………… …… 24

  1. Metode dan media promosi kesehatan………………………………. 48
  2. KerangkaTeori……………………………………………………………………… 60

BAB III         METODE PENELITIAN

  1. Kerangka Konsep………………………………………………………………. 61
  2. Variabel Penelitian……………………………………………………………… 61
  3. Definisi Operasional……………………………………………………………. 62
  4. Hipotesis Penelitian…………………………………………………………….. 62
  5. Ruang Lingkup Penelitian……………………………………………………. 63
  6. Jenis dan Rancangan Penelitian………………………………………….. 63
  7. Populasi, Sampel, dan Teknik Sampling……………………………….. 64
  8. Teknik Pengumpulan Data………………………………………………….. 66
  9. Instrument Penelitian………………………………………………………….. 66
  10. Metode Pengolahan dan Analisa Data………………………………….. 67
  11. Etika Penelitian………………………………………………………………….. 69

BAB IV         Hasil dan Bahasan

  1. Hasil Penelitian…………………………………………………………………………… 70
    1. Gambaran Umum………………………………………………………………. 70
      1. Hasil Analisis……………………………………………………………………… 73
      2. Bahasan Penelitian…………………………………………………………………….. 76

BAB V          Simpulan dan Saran

  1. Simpulan…………………………………………………………………………………… 83
  2. Saran ……………………………………………………………………………………….. 83

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

DAFTAR TABEL

 

                                                Halaman

Tabel 1.1           Keaslian Penelitian……………………………………………………………….. 6

Tabel 3.1           Definisi Operasional…………………………………………………………….. 52

  

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran 1.       Jadwal Penelitian

Lampiran 2.       Persetujuan Menjadi Responden

Lampiran 3.       Kuisioner

Lampiran 4.       Kunci Jawaban Kuisioner

Lampiran 5.       SAP (Satuan Acara Penyuluhan)

Lampiran 6.       Slide presentasi

Lampiran 7.       Input Data Statistik

Lampiran 8.       uji paired test

Lampiran 9.       Dokumentasi Pelaksanaan Penelitian

Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang

Program Studi DIII Kebidanan Purwokerto

2012

STUDI KOMPARATIF PENGETAHUAN SISWI SMA KELAS XI SEBELUM

DAN SESUDAH PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN

TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA

DI SMA N 4 PURWOKERTO

TAHUN 2012

 

Fristhian Lies Dwiyanti1, M. Choiroel Anwar2, Henny Soetikno3

 

INTISARI

 

Tujuan dari pendidikan kesehatan reproduksi remaja adalah untuk meningkatkan tingkat pengetahuan remaja dalam memahami dan menyadari kesehatan reproduksi remaja, sehingga pengetahuan yang dimiliki oleh remaja dapa meningkat seiring bertambahnya informasi yang diberikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan adalah pendidikan, pekerjaan, umur, lingkungan dan sosial budaya. Dan dengan adanya media mampu menambah daya ingat sehingga informasi yang didapat dapat direkam dengan baik.

Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan pendekatan crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri kelas XI SMA Negeri 4 Purwokerto. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest and post test design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampling 62 siswi Kelas XI. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji pair t test.

Perbedaan tingkat pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan tentang kesehatan reproduksi remaja sebesar 61.61 dengan standar deviasi 7.45 dan tingkat pengetahuan remaja setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang kesehatan reproduksi remaja meningkat yaitu sebesar 75.96. Dengan standar deviasi yang meningkat pula yaitu sebesar 8.53. terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang kesehatan reproduksi remaja pada siswi kelas XI SMA Negeri 4 Purwokerto.

Terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian pendidikan kesehatan reproduksi remaja pada siswi kelas XI di SMA Negeri 4 Purwokerto. Siswa sebaiknya meningkatkan tingkat pengetahuan mereka dengan banyak membaca buku dan mencari informasi sendiri dari internet atau media informasi lainnya.

Kata Kunci : Pendidikan kesehatan reproduksi remaja, Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan, pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja.

              

Polytechnic of Health Ministry of Health Semarang

 DIII Midwifery Studies Program of Purwokerto

2012

COMPARATIVE STUDY OF KNOWLEDGE HIGH SCHOOL STUDENT BEFORE CLASS XI HEALTH EDUCATION AND AFTER GIVING ON ADOLESCENT

REPRODUCTIVE HEALTH IN SMA N 4 PURWOKERTO YEAR 2012

 

Fristhian Lies Dwiyanti1, M. Choiroel Anwar2, Henny Soetikno3

 

ABSTRACT

The purpose of adolescent reproductive health education is to increase the level of understanding and knowledge of adolescents in adolescent reproductive health aware, so that the knowledge possessed by adolescents may increase with the information provided. Factors that influence the level of knowledge is education, occupation, age, social and cultural environment. And with the media is able to add memory so that the information obtained can be recorded properly.

This study is a comparative study with crossectional approach. The population in this study were young girls in SMA N 4 Purwokerto. The design of the study is a one-group pretest and post test design. Sampling technique used was purposive sampling with the sampling number of 62 students Class XI. Analysis of data using univariate and bivariate analyzes using t test test pair.

Differences in the level of knowledge before being given health education on adolescent reproductive health for 61.61 with a standard deviation of 7.45 and after a given level of knowledge of adolescent health education on adolescent reproductive health to increase the amount of 75.96. With a standard deviation also increases the amount of 8.53. there are significant differences before and after health education on adolescent reproductive health in class XI SMA N 4  Purwokerto.

There are significant differences between before and after administration of adolescent reproductive health education in class XI student at Senior High School 4 of purwokerto. Students should improve their knowledge level with a lot of reading books and seeking their own information from the internet or other information media.

Keywords: adolescent reproductive health education, factors that influence the level of knowledge, knowledge of adolescent reproductive health.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s